05 April 2011

HONK (DM)

HONK (DM): "

DIABETES MELLITUS


HIPER OSMOLAR NON KETOTIK (HONK)


PENGERTIAN


DM HONK adalah komplikasi akut diabetes mellitus yang ditandai dengan hiperglikemia, hiperosmalar, dehidrasi berat tanpa ketoasidosis. Keadaan inni bisa disertai dengan penurunan kesadaran.


ETIOLOGI


Penurunan sekresi insulin


PATOFISIOLOGI


Sel beta pancreas gagal atau terhambat oleh beberapa keaadan stress yang menyebabkan sekresi insulin menjadi tidak adekuat. Pada keadaan stress tersebut terjadi peningkatan hormon gluikagon sehingga pembentukan glukosa akan meningkat dan menghambat pemakaian glukosa perifer yang akhirnya menimbulkan hiperglikemia. Selanjutnya terjadi diuresis osmotic yang menyebabakan cairan dan elektrolit tubuh berkurang, perfusi ginjal menurun dan sebagai akibatnya sekresi hormon lebih meningkat lahi dan timbul hiperosmolar tidak terjadi ketoasidosis atau ketoasidosis. Terdapat beberapa patogenesis.


TANDA DAN GEJALA


Secara klinis sulit dibedakan dengan ketoasidosis diabetik terutama bila hasil laboratorium berupa kadar gula darah, keton dan keseimbangan asam basa belum ada hasilnya. Dapat digunakan beberapa pegangan :


© Sering ditemukan pada lanjut usia lebih dari 60 tahun, semakin muda semakin jarang. Belum pernah ditemukan pada anak-anak.


© Hampir separuh pasien tidak mempunyai riwayat diabetes mellitus atau diabetes tanpa pengobatan insulin


© Mempunyai penyakit dasar lain, ditemukan 85% pasien mengidap penyakit giinjal atau kardiovaskular, pernah ditemukan pada penyakit akromegali, tirotoksikosis dan penyakit Cushing


© Sering disebabkan oleh obat-obatan a.l : tiazid, steroid, klorpromazin, hidralazin, dilantin, simetidin dan haloperidol. (neuroleptik)


© Mempunyai faktor pencetus misalnya infeksi, penyakit kardiovaskular, aritmia, perdarahan, gangguan keseimbangan cairan, pankreatitis, koma hepatic dan operasi.


© Dari anamnesis keluarga biasanya datang ke rumah sakit dengan keluhan poliuri, pilodipsi, penurunan berat badan, penurunan kesadaran.


© Kesadaran apatis sampai dengan koma


© Tanda-tanda dehidrasi seperti turgor menurun disertai tanda kelainan neurologis, hipotensi postural, bibir dan lidah kering


© Tidak ada bau aseton yang tercium dari pernfasan


© Tidak ada pernafasan Kussmaul (cepat dan dalam)


PEMERIKSAAN PENUNJANG


© Kadar glukosa darah >600 mg%


© Osmolaritas serum 350 mOsm/kg dan positif lemah


© Pemeriksaan aseton negatif


© Hipernatremia


© Hiperkalemia


© Azotemia


© BUN : Kreatinin rasio 30 : 1 (normal 10 : 1)


© Bikarbonat serum > 17,4 mEq/L


© Bila pemeriksaan osmolaritas serum belum bisa dilakukan maka dapat dipergunakan formula :


2 ( Na+ + K+ ) + urea** + glukosa mg% *


6 18



  • Glukosa 1 mmol = 18 mg%

  • Urea diperhitungkan bila ada kelainan fungsi ginjal


PENATALAKSANAAN



    © Rehidrasi



    • § NaCl ; bisa diberikan cairan isotonic atau hipotonik ½ normal, diguyur 1000 ml/jam sampai keadaan cairan intravaskular dan perfusi jaringan mulai membaik, baru diperhitungkan kekurangannya dan diberikan dalam 12-48 jam. Pemberiancairan isotonic harus mendapat pertimbangan untuk pasien dengan kegagalan jantung, penyakit ginjal atau hipernatremia.

    • § Glukosa 5% diberikan pada waktu kadar glukosa darah sekitar 200-250 mg%


    © Insulin


    Pada pasien dengan HONK sensitive terhadap insulin dan diketahui pula bahwa pengobatan dengan insulin dosis rendah pada ketoasidosis diabetik sangat bermanfaat. Karena itu penatalaksanaan pengobatan dapat menggunakan skema mirip protocol ketoasidosis diabetik


    © Kalium


    Kalium darah harus dipantau dengan baik. Bila terdapat fungsi ginjal membaik, perhitungan kalium harus segera diberikan


    © Hindari infeksi sekunder


    Hati- hati dengan pemasangan infus, kateter dll


    PROGNOSIS


    Biasanya buruk, tetapi sebenarnya kematian pada pasien ini bukan disebabkan oleh sindom hiperosmolarnya sendiri tetapi oleh penyakit yang mendasar atau menyertainya. Angka kematian masih berkisar 30-50%. Di negara maju dapat dikatakan penyebab utama kematian adalah infeksi, usia lanjut dan osmolaritas darah yang sangat tinggi. Di negara maju angka kematian dapat ditekan menjadi sekitar 12%.

    http://askep-askeb-kita.blogspot.com/

    Sumber: HONK (DM)
    https://ktiskripsi.blogspot.com/2011/04/honk-dm.html
    Lihat Artikel Selengkapnya tentang: HONK (DM)
    Download Judul HONK (DM) disini
    Konetn 1 Konten 2 Konten 3 Konten 4 Konten 5

    0 komentar:

    Artikel yang berhubungan:

    kti