Gb.1. P - PROCESS
Kelima tahapan ini saling berkait dan merupakan proses yang berkesinambungan.
TAHAP I : ANALISIS KHALAYAK DAN PROGRAM
1.Meninjau khalayak potensial
2.Mengkaji kebijaksanaan dan program yang ada
3.Mencari lembaga atau organisasi yang potensial untuk mendukung program
4.Mengevaluasi sumber daya KIE
Di dalam analisis khalayak sasaran yang ditinjau adalah :
Ø Khalayak sasaran (lingkungan sosial) untuk menentukan faktor-faktor demografi, geografi, ekonomi, dan sosial yang berpengaruh terhadap kegiatan KIE
Dalam analisis program yang ditinjau adalah :
Ø Kebijaksanaan, program dan kegiatan-kegiatan yang telah ada
Ø Kemampuan lembaga atau organisasi yang potensial untuk mendukung program
Ø Kapasitas sumber daya KIE untuk bisa digunakan
TAHAP II : PENYUSUNAN RANCANGAN PROGRAM
1. Menentukan tujuan komunikasi
2. Mengidentifikasi khalayak sasaran
3. Mengembangkan pesan
4. Memilih media
5. Merencanakan dukungan, penguatan interpersonal
6. Menyusun rencana kegiatan
Penyusunan rancangan program dapat diidentifikasi dan ditentukan melalui 8 komponen rumusan :
Ø Menentukan tujuan
Ø Mengidentifikasikan khalayak sasaran
Ø Pengembangan pesan
Ø Pemilihan media
Ø Memperkuat dukungan antar pribadi
Ø Jadwal kerja
Ø Anggaran
Ø Struktur organisasi
TAHAP III : PENGEMBANGAN, UJI COBA, PENYEMPURNAAN DAN PRODUKSI MEDIA
1. Mengembangkan konsep pesan
2. Melakukan pre-test atau uji coba terhadap khalayak sasaran
3. Merumuskan pesan lengkap dan bentuk kemasannya
4. Melakukan pre-test atau uji coba tahap lanjutan terhadap khalayak sasaran
5. Melakukan uji ulang terhadap bahan KIE yang ada (sudah pernah dibuat dan akan diproduksi ulang)
TAHAP IV : PENERAPAN DAN PEMANTAUAN
1. Mengelola iklim organisasi
2. Menerapkan rencana kegiatan
3. Memantau hasil program
Pengelola program harus terampil dalam memutuskan tiga hal :
Ø Mengelola iklim organisasi : pendekatan untuk menjangkau sasaran program harus belajar dari pengalaman, tidak mengkritik
Ø Mengelola manusia : mengetahui kapan harus memberi petunjuk, kapan harus mendelegasikan tanggungjawab dan kapan harus mendorong staf untuk berkarya yang kreatif
Ø Mengelola tugas : mendorong dalam mengejar kegiatan yang produktif dan menghentikan kegiatan yang tidak produktif serta mengetahui bahwa menghentikan kegiatan yang tidak produktif seringkali lebih efisien
Langkah-langkah penerapan adalah :
Ø Memproduksi pesan final dan materi berdasarkan hasil pre-test
Ø Menjadwalkan dan mengintegrasikan penyebaran materi melalui jalur yang efektif untuk mendapatkan dampak yang maksimal
Ø Melatih tenaga yang akan menggunakan materi KIE
Ø Mengedarkan jadwal penerapan program dan laporan-laporan secara luas
Langkah-langkah pemantauan adalah :
Ø Memantau jumlah produksi bahan KIE
Ø Memantau penyebaran di media dan melalaui komunikasi antar pribadi
Ø Memantau struktur internal dan ketaatan petugas, jadwal kerja dan anggaran
Ø Memantau dan memperkuat hubungan kerja dengan lembaga lain termasuk petugas kesehatan dan organisasi yang telah mendukung maupun yang belum
Ø Membuat revisi yang diperlukan untuk penyempurnaan rancangan
TAHAP V : EVALUASI DAN RANCANG ULANG
1. Mengukur dampak keseluruhan
2. Menyusun rancangan ulang untuk periode berikutnya
Langkah – langkah yang ditempuh adalah :
Ø Mengukur dan melacak kesadaran, pengenalan, pemahaman, mengingat kembali dan praktek dengan menggunakan teknik riset yang sesuai dan dapat dijangkau untuk mendapatkan umpan balik yang cepat dan tepat
Ø Melakukan analisis hasil yang diperoleh, disesuaikan dengan tujuan yang spesifik saat merancang Program K3 menelaah dan menganalisis kumpulan informasi yang didapat pada setiap tahap proses
Ø Melakukan analisis dampak proyek dari kaca mata khalayak, organisasi penyandang dana dan pihak lain yang terkait
Ø Mengidentifikasi perubahan yang signifikan atau berarti pada lingkup nasional
Ø Mengidentifikasi peluang-peluang dan kelemahan - kelemahan
Ø Mengevaluasi ketrampilan yang diperoleh personil
Ø Mengestimasi sumber daya yang mendukung di masa yang akan dating
Ø Mendesain ulang kegiatan-kegiatan KIE secara berkesinambungan
Ø Melakukan penilaian ulang data untuk digunakan pada program baru
* BERKESINAMBUNGAN
Ø Buat rancangan dalam bentuk proses yang berkesinambungan
Ø Selalu sesuaikan dengan perubahan menurut kebutuhan khalayak
PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KIE DENGAN PENDEKATAN P-PROCESS
1. Pendekatan interdisipliner
2. Koordinasi dengan pihak penyedia layanan
3. Segmentasi khalayak sasaran
4. Pre-test dengan khalayak sasaran
5. Jalur ganda untuk memperkuat
6. Keterlibatan lintas sector
7. Pemantauan secara sistimatis dan penyesuaian
8. Kesinambungan
CATATAN:
Adaptasi dari The Johns Hopkins University, Population Communication Services, Center for Communication Programs (JHU/PCS)
Sumber: P-PROCESS
https://ktiskripsi.blogspot.com/2011/02/p-process.html
Download Judul P-PROCESS disini
0 komentar:
Posting Komentar